Giliran DPRD Jabar Gaungkan Imbauan Jangan Mudik

Giliran DPRD Jabar Gaungkan Imbauan Jangan Mudik
(Antara Foto)

INILAH, Bandung- Berbagai kalangan menggaungkan imbauan jangan mudik. Tak terkecuali para legislator di DPRD Jawa Barat.

Ketua Komisi V DPRD Jabar Dadang Kurniawan meminta masyarakat untuk tidak mudik,hingga pandemi virus corona berakhir.

Dia mengatakan, dihentikannya aktivitas yang melibatkan keramaian oleh pemerintah, tidak dimaksudkan untuk memberi libur kepada masyarakat. Tetapi bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran corona. Dia berharap, masyarakat dapat lebih bijak demi memberantasi pandemi ini.

"Terus terang, kami bukan lagi menghimbau. Tapi sudah kewajiban, karena ada dasar hukumnya. Mengenai keselamatan khalayak. Kita harus berkaca dengan negara lain yang sudah keluar dari musibah ini. Masyarakat harus disiplin. Intinya kami bukan hanya menghimbau, tapi mewajibkan masyarakat untuk tidak pergi atau mudik. Keputusan untuk menghentikan kegiatan oleh pemerintah, jangan dijadikan ajang liburan atau senang-senang. Tetapi ini harus dijadikan ajang kita bersama untuk penanganan corona,” ujar Dadang kepada Inilah, Senin (30/3/2020).

“Kita ambil contoh Korea Selatan, kenapa mereka efektif. Inik karena masyarakatnya punya kesadaran dan disiplin. Disana jangankan yang sakit. Yang sehat juga membantu, bagaimana caranya supaya virus ini tidak menyebar,” sambungnya.

Dia berharap, masyarakat dapat membantu mempermudah yang dilakukan oleh pemerintah, untuk mengakhiri corona. Salah satunya kata Dadang, dengan tidak berpergian ke tempat keramaian, apalagi bukan karena urusan yang sangat penting dan mendesak.

“Kita punya kesulitan, karena masih ada masyarakat yang tidak peduli. Ini bukan hanya soal nyawa di tangan tuhan dan kewajiban pemerintah saja untuk menyelesaikannya. Tetapi semua elemen masyarakat dan pemerintah harus bisa saling bantu, bagaimana wabah ini bisa ditangani. Kita harus bersama-sama da punya kesadaran, untuk menyelesaikan masalah ini,” terang Dadang. (Yuliantono)